Starbase (STAR) meluncurkan sebuah platform crowdsourcing untuk penggalangan dana terdesentralisasi dan manajemen sumber daya manusia. Token STAR ini direncanakan akan diluncurkan pada bulan September dan Desember 2017 dengan inflasi tahunan sebesar 2,5% dan digunakan untuk pembayaran pada jaringan STAR. Platform ini dijadwalkan akan rilis secara resmi pada bulan Januari 2018. STAR juga akan mengumpulkan dana dari penerbitan token barunya tersebut, penjualan awal, dan STAR juga akan digunakan untuk melakukan outsourcing tenaga kerja di platformnya. STAR juga menghasilkan reward triwulanan.

Pokok Masalah

Dizaman yang sudah modern ini, solusi yang ada untuk crowdfunding seperti berbagi atau menjual saham dan stock option masih sangat lambat perkembangannya, masih terbatas geografis dan harganya pun masih cenderung mahal.

Contoh: Sharing pada stock option misalnya, hal ini masih melibatkan biaya transaksi yang cenderung lebih besar: biaya ahli hokum, keuangan dan waktu. Hal itu membuat pengusaha sangat sulit untuk berbagi/sharing secara insentif secara jangka panjang dengan pekerja mereka, khususnya untuk perusahaan pemula dan usaha kecil lainnya.

Disamping itu, skema pendanaan saat ini seperti dana Seed Money atau Series A untuk pemula pun juga akan berisiko tinggi dan menambah lebih banyak biaya bagi para investor.

Maka dari itu, jika Anda menyukai sebuah tantangan namun Anda tidak memiliki banyak modal awal, dan tidak dapat memberikan waktu secara insentif jangka panjang kepada pendukung Anda, sulit bagi Anda untuk berhasil mendanai ide cemerlang Anda tersebut serta tidak ada waktu bagi Anda untuk menemukan anggota tim yang baik untuk membantu proyek Anda.

Solusi Nyata

Starbase yang merupakan sebuah platform pembayaran crowdfunding dan sentimen global yang menghubungkan pengguna yang ingin mengembangkan proyek yang menantang seperti perusahaan startup atau jenis ide inovatif lainnya untuk para investor, insinyur, perancang atau pemasaran yang ingin mendukung proyek-proyek ini di seluruh dunia.

Dengan menggunakan Starbase, orang-orang yang inovatif dapat meluncurkan ide mereka dengan membagikan insentif jangka panjang dengan para kolaboratornya. Hal ini jauh lebih cepat, mencakup skala global, biaya transaksi yang rendah dan investor pun secara individual dapat melakukan investasi.

Starbase memudahkan Anda dalam membuat token baru/proyek baru yang inovatif, jadi bergabunglah dengan Starbase dan kumpulkan dana Anda melalui platform Starbase.

Disamping itu Starbase memiliki 3 fitur inovatif dan mekanisme ekosistem token STAR seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  • STAR ACCOUNT

Platform Starbase menyediakan sebuah akun multi- signature untuk setiap penggunanya. Jadi pengguna dapat menyimpan token sejenis BTC, ETH dan ERC20 (jenis token standar Ethereum) mereka, tidak bergantung pada platform Starbase, disebut dengan “Akun STAR”.

Sistem Akun STAR ini akan membuat pengguna dapat memiliki kunci pribadi mereka, satu kunci ini ditandatangani oleh pengguna, kunci kedua ditandatangani oleh server Starbase, dan kunci ketiga, yang tidak diketahui Starbase, berfungsi sebagai cadangan pengguna. Dengan cara ini, pengguna bisa menggunakan transaksi multi-signature dengan mudah.

Hal tersebut akan mempermudah dan aman bagi pengguna untuk mengirim dan menerima token sejenis Bitcoin, Ethereum dan ERC20.

Sistem Akun STAR ini merupakan sebuah dasar untuk sebagian besar transaksi di platform Starbase.

  • STAR REWARD

Starbase menyediakan sebuah aplikasi web untuk memudahkan deposit dan withdrawal. Setiap proyek dapat menyimpan token jenis Bitcoin, Ether, dan ERC20 untuk memberi reward/hadiah kontrak, sementara para pemegang token dapat menarik reward ini dengan cara yang desentralisasi. Starbase akan berfokus dalam mengembangkan token tipe Eter dan ERC20. Token tipe ERC20 seperti DGX, emas terdesentralisasi, StabL, yang memperbaiki harga pada mata uang fiat seperti USD, EUR, CNY atau JPY. Dan Dai yang ditetapkan setelah keranjang mata uang internasional IMF: SDR.

  • STAR PROTECTION

Platform Starbase memberikan sebuah perlindungan pada token para investornya dari segi perspektif teknis dan operasionalnya.

Dari sudut pandang operasional, hal tersebut bertujuan untuk mencegah sebuah penipuan, perusahaan Starbase juga bekerja dengan mitra rating dan due diligence di seluruh dunia.

Setiap proyek dapat mengeluarkan token menggunakan platform Starbase, namun tanpa due diligence oleh Starbase atau perusahaan mitranya tersebut, mereka tidak dapat menjual token mereka di platform Starbase.

Dari sudut pandang teknologi, Starbase menyediakan sistem escrow untuk proyek yang inovatif. Pemilik proyek ini juga dapat memilih apakah akan ke sistem escrow atau tidak. Dengan menggunakan ini kemungkinan akan meningkatkan kemungkinan penggalangan dana yang berhasil dan mencapai target.

Sistem escrow juga akan melindungi investor. Tidak hanya di dunia pendanaan ICO atau kripto, namun juga pada platform yang berbasis crowdfunding tradisional seperti Kickstarter atau Indiegogo, ada beberapa proyek yang mungkin gagal dan uangnya tidak dikembalikan kepada investor.

Selain itu Starbase juga akan menyediakan “Put Option smart contract”. Put option smart contract ini bisa digunakan untuk proyek yang inovatif untuk menjual token pada platform Starbase.

Kontrak tersebut memiliki uang jaminan berupa Eter yang disediakan oleh tim proyek, dan jika pembeli token ingin mendapatkan pengembalian dana dari proyek tersebut, dia dapat menyimpan token dan menarik Eter dari kontrak tersebut. Put option smart contract ini bisa digabungkan dengan kontrak escrow.

Token

Platform Starbase menggunakan token yang bernama STAR sebagai sebuah token yang dapat digunakan di ekosistem Starbase.

Dengan token STAR, para pemegang token dapat mendukung sebuah proyek skyrocket inovatif global dan mendapatkan pendapatan dalam bentuk ETH atau berupa token tipe ERC20 dari proyek-proyek tersebut.

Ada 3 jenis pendapatan:

  • Saat tim inovatif menerbitkan token, pemegang STAR bisa mendapatkan token proyek seperti token tipe ERC 20 dari transaksi penerbitan token.
  • Saat tim inovatif menjual token di platform Starbase, pemegang STAR bisa mendapatkan Eter dari transaksi penjualan token
  • Saat tim inovatif membayar token (BTC, ETH, Token) melalui platform Starbase sebagai hadiah atau pembayaran kerja, pemegang STAR bisa mendapatkan biaya pembayaran token

Kolaborasi

Sejauh ini Starbase sudah berkolaborasi dengan sejumlah platform besar, seperti:

  • Bancor
  • Everex

Jadwal ICO

Starbase berencana untuk membuka ICO pada bulan agustus ini tepatnya tangga 30 Agustus 2017 dan akan selesai pada 14 Oktober 2017. Masih banyak waktu dan kesempatan untuk mendukung dan menjadi investor pada proyek ini.

Peluncuran resmi platform Starbase dan masuknya starbase di berbagai market juga dijadwalkan akan dilaksanakan di Q4, tahun 2017 ini atau tepatnya bulan September – Desember 2017. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca whitepaper di situs Starbase.

Starbase

Alpha Starbase: https://alpha.starbase.co/

Whitepaper: https://starbase.co/whitepaper

Media Starbase

Penjelasan: http://www.slideshare.net/ StarbaseGlobal

Facebook:  https://www.facebook.com/ StarbaseCo/

Twitter:  https://twitter.com/starbaseco

Linkedin:  https://www.linkedin.com/ company/starbaseco

Slack:  https://starbase-community. slack.com

Blog:  https://blog.starbase.co/

GitHub:  https://github.com/starbaseco

Nama Perusahaan:  Starbase

Situs Perusahaan:  https://starbase.co

Kontak Perusahaan:  Arthur Cabral

Email:  support@starbase.cotomoaki@starbase.co

 

SHARE
Previous articleStarbase
Next articleLitecoin Masih Membosankan Untuk Saat Ini
Sebagai Editor di MangkuCrypto, Fajar Hima juga seorang penulis aktif untuk situs web MangkuCrypto dan BitcoinnewsIndo. Fajar Hima menerima semua komentar yang membangun untuk membawa kredibilitas Industri Berita Bitcoin dan Blockchain di Indonesia.