Setelah empat hari Bitcoin Cash (BCH) mendominasi kepopuleran market, harga Bitcoin melonjak drastis dalam jangka waktu 24 jam saja, dan mencatatkan harga tertinggi sepanjang masa di level $ 3.212.

Sebelumnya, harga Bitcoin juga pernah menyentuh harga $ 3.000 saat optimisme pasar didorong dengan munculnya solusi pengaktifan peningkatan kelancaran transaksi oleh tim developer Bitcoin Core serta solusi Segregated Witness (SegWit). Namun, tak lama kemudian, beberapa market besar mengalami koreksi yang menyebabkan harga Bitcoin turun ke level harga $ 1.900 dan stabil pada harga $ 2.500.

Mengapa SegWit berpengaruh besar pada harga Bitcoin dan mendorong harga Bitcoin untuk naik?

Perdebatan yang terjadi di antara komunitas pertambangan dan pengembang Bitcoin mengenai aktivasi SegWit telah menunda aktivitas penskalaan di Bitcoin selama bertahun-tahun. Pernah dulu ada sebuah upaya untuk mengatasi skala jaringan yang dipresentasikan pada acara konsensus roundtable Hong Kong namun hal tersebut juga gagal mencapai sebuah kesepakatan.

Tanpa kita sadari bahwa aktivasi SegWit ini menjadi sebuah milestone yang besar bagi Bitcoin dalam masalah penskalaan, mengapa? Karena Bitcoin yang bertahun-tahun sudah beroperasi dalam batas ukuran blok sebesar 1 MB yang ditetapkan oleh pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto ditahun 2009 telah mengalami kenaikan.

Aktivasi SegWit juga membangun sebuah infrastruktur yang diperlukan seperti Lightning Network. Implementasi Lightning Network dan solusi lainnya termasuk TumbleBit akan berpengaruh pada peningkatan jaringan Bitcoin dengan mengaktifkan micropayment dan menerapkan sebuah aplikasi yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

Faktor pendorong lainnya adalah meningkatnya permintaan dari investor institusional. Pekan ini saja, CBOE, option exchange terbesar di AS telah mengumumkan bahwa mereka akan mengintegrasikan kontrak berjangka dan opsi Bitcoin ke dalam platform perdagangannya dengan melakukan kerjasama dengan bursa pertukaran Gemini.

Bertentangan dengan prediksi dan analisis dari para peneliti termasuk Vinny Lingham, yang relatif akurat dengan prediksi tren harga Bitcoin-nya di masa lalu, harga Bitcoin mempertahankan tren kenaikannya meski baru-baru ini mereka terganggu oleh hadirnya BCH.