Foundation Zcash blockchain menawarkan sebuah dana hibah sebesar $ 80.000 kepada para inovator dan ahli teknologi yang dapat membantu memajukan platform Zcash.

Dalam sebuah postingan blog yang telah dikeluarkan, Foundation Zcash menjelaskan bahwa dana hibah tersebut akan digunakan untuk mendanai “gagasan baru” dalam pengembangan perangkat lunak, ilmu pengetahuan, penelitian serta pengembangan komunitas. Dana ini tidak diperuntukan bagi para pencari dana untuk proyek-proyek yang “dapat dimonetisasi”, seperti pemula yang mencari dana usaha.

Ide proyek yang harus diajukan ke Foundation mengenai masalah teknis, seperti membangun perangkat lunak yang memungkinkan pengguna mengirim zcash melalui aplikasi pesan sosial WhatsApp, mengandung edukasi, seperti mengadakan sebuah pertemuan yang berfokus pada kripto-currency.

Jika Anda berniat untuk mengajukan sebuah proposal, proposal hibah Anda harus diajukan ke GitHub pada tanggal 15 September, setelah itu mereka akan mempertimbangkan semua proposal yang masuk, proposal tersebut akan di review oleh beberapa ahli termasuk ahli kriptografer dan seorang profesor dari Universitas Luxembourg Alex Biryukov dan peneliti dari Foundation Ethereum Vlad Zamfir.

Zcash bisa disebut sebagai protokol kriptocurrency yang berorientasi pada privasi karena memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi lebih dengan anonim serta menggunakan teknik bleeding-edge kriptografi yang disebut zk-SNARKS.

Meski Zcash belum mendapatkan perhatian yang besar sejak peluncurannya pada Oktober lalu, pembangunan platformnya hingga kini masih terus berlanjut. Zcash saat ini sedang mengerjakan sebuah upgrade perangkat lunak besar-besaran, yang disebut dengan Sapling, dan akan ada lebih banyak update dalam beberapa bulan mendatang.