Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari peluncuran awal Bitcoin Cash. Pertama-tama, banyak orang yang menjual koin mereka terlalu dini dan mereka akan menyesali keputusan itu sekarang. Kedua, Bitmain tidak memiliki rencana untuk mendukung BCH untuk saat ini. Hal ini menggambarkan masa depan yang menarik bagi SegWit2x kedepannya nanti.

Mengenai harga Bitcoin Cash ya, ada beberapa fakta menarik disini. Pertama-tama, hampir tidak ada yang menambang BCH untuk saat ini. Hal tersebut tidak begitu mengejutkan, mengingat menambang BCH merupakan hal yang tidak menguntungkan. Meskipun BCH naik harganya sekalipun, kebanyakan dari para penambang bahkan tidak akan bisa mendapatkan pengembalian modal. Bahkan jika mereka hanya memperoleh Bitcoin dalam jumlah kecil melalui pertambangan/mining, namun Bitcoin tetap menjadi pilihan yang lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan Bitcoin Cash untuk saat ini.

Hal yang sangat mengejutkan melihat Bitmain tidak mendukung Bitcoin Cash. Banyak orang menganggap produsen perangkat keras ini akan ikut dalam sandiwara split ini. Namun hal itu tidak terjadi, karena Bitmain belum menambang satupun blok BCH di jaringan. Tidak ada pool mereka disana yang memberikan pilihan kepada para penambang sampai saat ini. Hal ini mengindikasikan bahwa secara jelas Bitmain mendukung penuh aksi SegWit2x.

Jika seperti ini, SegWit2x menjadi semakin penting dong bagi Bitcoin. Jaringan Bitcoin berkumpul dan menyatukan suara untuk mengunci aktivasi SegWit. Awal pekan ini, soft fork yang diaktifkan pada pengguna sudah mulai berlaku. Soft fork yang kemarin di aktifkan saja tidak mengganggu jaringan. Dan mungkin banyak dari orang-orang yang berfikir bahwa BIP148 berlalu begitu saja tanpa disadari. Nah, hambatan kita selanjutnya adalah SegWit2x, sebuah solusi yang akan mengenalkan blok sebesar 2MB melalui fork dalam beberapa bulan kedepan dari sekarang.

Hal menarik apakah yang akan di perlihatkan oleh SegWit2x nanti ya. Meski jaringan Bitcoin akhirnya akan mendapatkan Segregated Witness, fork 2MB masih bisa menimbulkan beberapa masalah. Seperti perpecahan rantai yang tidak diharapkan pada saat ini, namun banyak hal tersembunyi dan bisa berubah dalam beberapa bulan ke depan. Semua ini hanya masalah waktu saja yang akan mengatakan “inilah akhir dari pertempuran kita”.