Setelah aktivasi user hard fork pada tanggal 1 agustus 2017 kemarin dan di susul dengan munculnya split Bitcoin Cash dari jaringan Blockchain Bitcoin, Market diseluruh dunia dihebohkan dengan munculnya list pair BCH/BTC, BCH/CNY, BCH/USDT serta dimarket negara kita sendiri yaitu BCH/IDR.

Hanya selisih beberapa jam saja dari kemunculan pair tersebut di beberapa market besar, harga BCH melonjak naik hingga mencapai sekitar 16032 persen dari harga 0,003 BTC hingga 0,4857 BTC.

Namun kemunculan split BCH ini sama sekali tidak mempengaruhi harga Bitcoin. Hal ini menandakan bahwa Bitcoin berhasil dalam melakukan forknya dan masih menjadi tempat favorit di dunia crypto.

Tidak sampai disini saja drama BTC/BCC terjadi, dikabarkan baru-baru ini pool mining terkenal Bitmain tidak memberikan support miningnya pada Bitcoin Cash. Bitmain yang dari awal terlihat akan mendukung split Bitcoin Cash ini, sampai saat ini pun mereka belum melakukan mining terhadap BCH di block jaringannya.

Masih ada lagi bahwa kabar dari bursa pertukaran lokal Bitcoin.co.id dalam pernyataan resminya mereka juga akan menghapuskan market BCH/IDR sehingga Bitcoin Cash tidak dapat lagi diperdagangkan dengan rupiah. Tidak hanya itu bagi para pengguna/trader yang memiliki saldo Bitcoin Cash di market VIP pun juga akan dihapuskan dari akun mereka. Tidak menutup kemungkinan bursa pertukaran besar lainnya juga akan melakukan hal tersebut jika BCH benar-benar gagal.

Drama ini benar-benar berbeda dengan drama yang muncul saat hardfork ETH/ETC terjadi. Jika hal buruk ini terus melanda BCH maka tidak dapat dipungkiri lagi bahwa BCH akan segera kehilangan pendukungnya.

Tanpa disadari bahwa SegWit2x menjadi sangat penting bagi Bitcoin untuk mengatasi masalah Bitcoin. Tapi ingat bahwa pemecahan masalah pada jaringan Bitcoin belum selesai sampai disini saja, kita masih harus melakukan pengaktifan SegWit2x di bulan November nanti.

SegWit2x merupakan sebuah solusi yang akan memberikan perbesaran block 2MB melalui fork. Hal ini juga tidak dapat menutup kemungkinan untuk munculnya beberapa masalah seperti perpecahan rantai/split seperti yang sekarang kita saksikan. Banyak hal yang masih menjadi misteri tersimpan di sini.