Listrik saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa kita lepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Secara bertahap, saat ini pemasok energi listrik utama adalah PLN dan pelanggan listrik PLN mulai menggunakan sistem listrik pra-bayar, yang mengharuskan pelanggan untuk mengisikan token PLN sebelum menggunakannya.

Listrik Pra Bayar

Dikatakan sebagai Listrik Pra Bayar karena kita harus membayar terlebih dahulu alias membeli token PLN sebelum kita menikmati fasilitas listrik yang diberikan oleh PLN. Sekarang ini Listrik Pra Bayar lebih dikenal dengan nama listrik pintar.

Listrik Alternatif Energi Terbarukan

Selain pasokan listrik dari PLN kita memiliki banyak sumber energi listrik alternatif seperti:

  1. Kincir angin pembangkit listrik

sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/-iD-OQBtEWHw/VYDqP_vdbrI/AAAAAAAADQc/jLJpy9AAsaI/s640/Cara-Kerja-Listrik-Tenaga-Angin.jpg

Cara kerja energi listrik alternatif ini adalah dengan menggunakan angin yang dikonversi menjadi tenaga listrik. Kincir akan berputar yang terhubung dengan generator yang ada dibawahnya. Putaran kincir tersebut mampu menghasilkan tenaga listrik yang bisa menjadi sumber listrik alam dan aman.

  1. Pembangkit listrik tenaga surya

sumber gambar : kelas-fisika.com/wp-content/uploads/2017/04/solar_pv_works.jpg

Pembangkit listrik tenaga surya atau solar power System (EPS) merupakan teknologi yang cukup baru dan terbarukan. Sinar matahari tidak akan pernah habis dan selalu silih berganti siang dan malam. Cara kerja EPS ini adalah memanfaatkan panas sinar matahari yang disimpan dalam solar cell.

  1. Pembangkit listrik tenaga Air PLTA


sumber gambar : http://hermaliasari.blogspot.co.id/2015/03/prinsip-kerja-dan-komponen-pembangkit.html

Jenis pembangkit ini merupakan pembangkit listrik yang sudah banyak diterapkan di Indonesia. Kondisi geografis di negara kita yang memiliki banyak pegunungan dan perbukitan serta aliran sungai sangat tepat dijadikan pembangkit energi listrik alternatif. Debit air yang tinggi dari waduk dan derasnya aliran air bisa dimanfaatkan untuk memutar turbin pembangkit listrik. Selain pembangkit listrik skala besar seperti memanfaatkan waduk, kita juga bisa membuat PLTA mini dengan memanfaatkan aliran air untuk memutar kincir atau turbin.

Masih banyak lagi energi alternatif selain ketiga contoh diatas, baik itu dari panas bumi dan sumber alam lain yang bisa menghasilkan energi listrik.

Surplus Energi Terbarukan

Di saat-saat cuaca sangat cerah dengan embusan angin yang cukup kuat, maka energi listrik dari sumber sinar matahari, angin, biomassa, dan tenaga air menyediakan 85 persen pasokan energi terbarukan.

Negara-negara maju memang sudah berinvestasi sangat besar dalam mengembangkan energi terbarukan ini. Langkah ini merupakan bagian dari inisiatif untuk meninggalkan bahan bakar fosil dan energi nuklir menuju energi ramah lingkungan pada 2050. Investasi ini agaknya sudah menuai hasil sehingga pada awal pekan ini selama beberapa jam biaya listrik menurun hingga angka negatif.

Kondisi itu tercipta ketika sumber-sumber energi terbarukan menyediakan lebih banyak pasokan listrik bahkan melebihi kebutuhan. Jenis energi terbarukan yang paling banyak dikembangkan dunia adalah, tenaga matahari dan tenaga angin. Secara total listrik dari energi terbarukan di dunia jumlahnya mencapai 640 gigawatt di 2015 lalu.

Platform PowerLedger dalam industri Perdagangan Energi Listrik Alternatif

Power ledger memberikan kemungkinan pemilik energi terbarukan skala industri dan rumahan untuk dapat menjual energi surplus dari pembangkit listrik alternatif mereka kepada orang lain. Power ledger akan mengatur pendistribusian energi listrik alternatif tersebut dengan harga yang kompetitif dengan teknologi blockchain.

Powerledger menggunakan teknologi blockchain Ecochain untuk membuat proses transaksi tersebut menjadi transparan, auditable dan scalable. Echochain ini dikembangkan untuk sektor listrik dan menggunakan proof of stake yang didelegasikan dari pertukaran setelah terjadi transaksi setiap 5 menitnya. Mekanisme delegasi proof of stake ini berbeda dari proof of work mining tradisional dan merupakan pendekatan pertambangan yang hemat energi.

Power Ledger menggunakan mekanisme token berbasis ethereum yang dinamai POWR sebagai alat tukar dalam perdagangan energi surplus dari pembangkit listrik alternatif di dalam platform mereka. Token POWR akan disediakan dan dijual selama periode penjualan token. Token POWR memungkinkan host dan konsumen untuk mendapatkan akses ke fitur perdagangan P2P dan aplikasi Power Ledger lainnya.


Sumber Gambar : https://powerledger.io/media/Necker-Island-Blockchain-Summit-Power-Ledger-Snapshot.pdf

Powr token ini digunakan untuk menghasilkan Sparkz. Sparkz berada pada level token pasar lokal dan dihargai dengan harga mata uang negara setempat. Sparkz ini membantu dalam memfasilitasi sebuah transaksi antar pihak agar lebih mudah dan aman.

Distribusi Token POWR

sumber gambar : https://bitcointalk.org/index.php?topic=2003922.0

Power Ledger akan mendistribusikan dan mengalokasikan total sebanyak 600.000.000 token, dimana 350.000.000 token akan tersedia pada saat Penjualan Token, sebagai cadangan pasar sebanyak 248.500.000 akan berada di Power Pool Ledger sebagai pemicu pertumbuhan pengguna dan sisanya sebanyak 1.500.000 token akan dialokasikan ke Kampanye Bounty, sebanyak 250.000.000 token akan dipesan untuk penggunaan masa depan jika diperlukan (Power Ledger Escrow) dan 150.000.000 token yang dialokasikan di bawah escrow untuk Pengembang dan Pendiri.

sumber gambar : https://bitcointalk.org/index.php?topic=2003922.0

Untuk informasi lebih lanjut tentang penjualan token POWR silahkan menuju ke link official di :

Website : http://www.powerledger.io/

Linkedin : https://www.linkedin.com/company-beta/10675936/

Bitcointalk : https://bitcointalk.org/index.php?topic=2003922.0

Twitter : @powerledger_io

Facebook : @powerledger

Email : jmg@powerledger.io atau tge@powerledger.io

Whitepaper:  https://tge.powerledger.io/media/Power-Ledger-Whitepaper-v3.pdf

Investment : https://mainsale.powerledger.io/