Perdebatan skala Bitcoin terlihat begitu alot, dan beberapa pengguna pun tidak senang dengan hasil yang kini akan segera diterapkan.

Setelah beberapa tahun berdebat, kini munculah sebuah proposal penskalaan yang kontroversial yaitu Segwit2x yang mencoba memperbaiki masalah tersebut dengan menggabungkan dua ide perubahan kode – kode optimasi Segregated Witness (SegWit) dan peningkatan ukuran blok.

Pengaktifan SegWit di Bitcoin hanya tinggal beberapa langkah lagi, namun ada beberapa dari pengguna bitcoin yang tidak senang dengan keputusan ini.

Para pendukung proposal Segwit2x yang dulu tampaknya kini mulai tidak percaya pada solusi peningkatan ukuran blok dan sekarang mulai membuat solusi masalah dengan ide mereka sendiri dengan membuat versi bitcoin mereka sendiri – dan mereka melakukannya dalam jangka waktu yang singkat.

Ya betul, pada tanggal 1 Agustus nanti, tepat pukul 12.20 UTC, kelompok tersebut mengklaim bahwa mereka akan berpisah dari bitcoin dan menciptakan kripto-currency yang baru yang disebut dengan Bitcoin Cash.

Pengembang Calin Culianu, seseorang yang berkontribusi pada kode untuk implementasi Bitcoin Cash, yang merupakan salah satu pengguna yang tidak menyukai SegWit.

“Jika perjanjian Segwit2x gagal menerapkan bagian 2x, yang tidak sepenuhnya tidak masuk akal, dan akhirnya berakhir pada SegWit yang tanpa 2x, banyak dari para penambang berkemungkinan akanmembelot dan pindah ke Bitcoin Cash.”

Bitcoin Cash?

Apa sih Bitcoin Cash? Dan Apa bedanya dengan bitcoin?

Ada dua perubahan utama pada protokol Bitcoin Cash yaitu:

  • Peningkatan ukuran blok menjadi 8 MB.
  • Menghilangkan SegWit, sebuah perubahan kode yang mungkin diaktifkan pada blockchain bitcoin pada akhir Agustus.

Beberapa orang, termasuk beberapa pendukung proyek, menyebut Bitcoin Cash sebagai “altcoin,” sebuah istilah yang biasanya menunjukkan sebuah fork perangkat lunak yang menciptakan kripto-baru, dengan pasarnya sendiri.

Kripto-currency ini sekarang sudah diperdagangkan dengan banderol harga sebesar $ 461, harga BCC tersebut hanya sekitar 18% dari harga Bitcoin saat ini yang sebesar $ 2.568.

Tidak seperti altcoin lainnya, sejarah transaksi Bitcoin Cash akan sama dengan bitcoin – setidaknya sampai titik perpecahan. Jadi, jika dan ketika Bitcoin Cash terbagi, pengguna akan memiliki bitcoin pada kedua blockchain tersebut.

Perbedaan lainnya adalah proyek tersebut mengatakan akan mendukung beberapa implementasi perangkat lunaknya, sebuah langkah yang tidak mengejutkan mengingat kritik bahwa perangkat lunak Bitcoin Core terlalu dominan pada jaringan bitcoin.

BitcoinABC merupakan perangkat lunak pertama yang mengimplementasikan protokol Bitcoin Cash, namun tujuan utamanya adalah agar ada banyak implementasi.

Culianu mengatakan bahwa Bitcoin Unlimited dan Bitcoin Classic, implementasi lain yang bertujuan untuk meningkatkan ukuran blok bitcoin, bekerja pada versi yang kompatibel dengan Bitcoin Cash.

Siapa saja yang terlibat dalam drama ini?

Sejauh ini, sebagian besar dari perusahaan bitcoin, pool pertambangan, pengguna dan pengembang bitcoin tampaknya tidak tertarik dalam usaha tersebut. Namun, ada beberapa pendukung yang antusias.

Perusahaan pertambangan ViaBTC yang berbasis di Beijing, yang memiliki sekitar 4% daya komputasi bitcoin, merupakan pemimpin yang jelas dari Bitcoin Cash.

Tunggu, tapi kenapa?

Ada beberapa alasan mengapa pengguna dan pool pertambangan ingin melepaskan diri dari bitcoin:

  • Pengguna ini menginginkan peningkatan parameter ukuran blok bitcoin, dan percaya bahwa masa depan kriptocurrencies bergantung padanya.
  • SegWit kemungkinan akan segera aktif dan beberapa pengguna ingin menghindari fitur tersebut.
  • Ada kemungkinan parameter ukuran blok Segwit2x meningkat pada akhirnya akan gagal.